Ringkasan Buku : "Buku Harian Hyun Bin"

Ringkasan Buku : "Buku Harian Hyun Bin"

hyun 1
Ringkasan Buku harian Hyun Bin

pendahuluan
Buku harian ini secara kebetulan penulis beli ketika berkunjung ke sebuah toko buku. Kebetukan terdapat ketertarikan dengan wajib militer Negara ginseng, tanpa pikir panjang penulis membeli dengan isi dompet yang pas-pasan. Buku ini menceritakan tentang pengalaman seorang actor papan atas korea yang melaksanakan wajib militer di pendidikan marinir Korea selatan. Buku ini ditulis oleh seorang wartawan yang kebetulan akan mengikuti wajib militer tahun depan sehingga mendapat kesempatan khusus untuk mengikuti dan mewawancarai kehidupan hyun bin selama masa wajib militer tersebut. Buku ini menggambarkan perasaan hyun bin dan tekadnya selama ia melaksanakan kewajibannya di militer. Isi dari buku ini tidak begitu banyak namun photo-photo yang banyak disertakan pada buku ini membuat pembaca seolah merasakan dan melihat seperti apa wajib militer yang diadakan di korea selatan.
7ed9b57e7091acf2ecceff0cfc0c680f.jpg

Siapakah Hyun Bin
Hyun Bin adalah seorang actor berbakat korea yang lahir di kota seoul pada tahun. Pemilik nama asli kim tae pyong ini telah menunjukkan kecintaannya dengan dunia acting sejak usia dini dimana ia mengambil jurusan theater sebagai majornya. Setelah direkrut oleh pencari bakat dibidang perfilman ia mulai bermain sebagai pemeran pendukung yang kemudian prestasi dan ketenarannya datang dalam waktu yang cepat sehingga mengantarkan dia menjadi actor terbaik pendatang di korea. Namun ketika nama Hyun Bin mulai mecapai puncaknya ia memutuskan untuk menyelesaikan tugas wajib militernya sebagai seorang tentara marinir.
hyunbinarmyinsert.jpg

Wajib militer Korsel
Seluruh pemuda korea selatan memiliki kewajiban mengikuti kegiatan wajib militer. Dimulai dari umur 18tahun sampai akhir umur 20an pemuda korea wajib untuk masuk menjadi tentara korea selatan selama beberapa periode. Sebelum mengikuti wajib militer para pemuda yang telah menjadi dewasa (18tahun) akan mengikuti tes mulai dari ters psikologi sampai tes kesehatan untuk menentukan ke matra mana mereka ditempatkan (dibuka juga kesempatan bagi mengajukan pilihan). Hyun Bin mendapat pujian dari banyak kalangan karena ia memilih masuk marinir yang menurut kebanyakan orang sebagai tempat pendidikan yang paling berat diantara matra yang lain. Wajib militer marinir tersebut memiliki periode selama 21 bulan yang terdiri dari masa pendidikan selama 2bulan latihan tanpa henti dan dilanjutkan penugasan di kesatuan selama 1 tahun 7 bulan.
hyun-bin-military-580x388.jpg

Latihan-latihan yang ditempuh.
Program wajib militer ini bertujuan untuk membuat masyarakat korea mampu ikut berperang membela negaranya apabila diserang Negara lain. Sehingga pendidikan yang didapat berupa pendidikan keras untuk membentuk dasar-dasar seorang tentara secara cepat. Pendidikan yang dilakukan dimulai dari latihan dasar militer, menembak, pembinaan fisik, mendayung, penyerangan, dasar repeal (menuruni tebing dengan tali), long march, dan terdapat pula periode dimana dalam seminggu latihan mereka menjadi dua kali lebih berat da waktu istirahat dan makan berkurang setengah. Sebagai tambahan, salah satu doktrin menembak yang didapat mengatakan “penembak jitu bukan dari bakat namun dari latihan yang keras” sehingga memotifasi Hyun untuk berusaha dalam menembak
041811_1117_newhyunbin1.jpg

Hyun Bin selama masa wajib militer.
Hyun Bin adalah contoh orang yang memiliki keyakinan kuat untuk melakukan segala nya dengan maksimal. Hal itu sangat terlihat ketika ia menjalani latihan dia tidak pernah mengeluh sekalipun ketika ia merasakan rasa sakit dikakinya dalam latihan yang keras tanpa mau absen dalam setiap latihannya. Hyun Bin mengtahui dirinya tidak memiliki stamina yang kuat dibandingkan temannya namun keinginannya yang kuat membawanya mendapatkan prestasi pada ujian menembak. Ia mampu menembak 19 target dari 20 target yang ada dan mendapatkan penghargaan sebagai penembak jitu karena nilainya paling tinggi dibandingkan temannya yang lain. Selain itu Hyun Bin sering kali memberikan mengayomi teman-temannya karena ia yang paling tua dibanding kan yang lain. Pada umumnya umur 20 tahun yang banyak sedangkan Hyun Bin telah berumur 28tahun pada saat masuk. Ia mengatakan ini merupakan waktu yang berharga baginya dimana ia bisa merenungkan tentang hidupnya karena selama kesibukan sebagai actor hyun tidak memiliki waktu. Hyun mengatakan ia akan berubah menjadi lebih dewasa setelah masuk menjadi tentara marinir. Selain itu selama menjadi marinir dalam berbagai event tanpa lelah ia ikuti sehingga mendapat penghargaan sebagai tentara teladan. Kemudian dalam penugasan di bagian humas marinir hyun menjadi duta marinir yang melakukan promosi ke warga dan tidak hanya itu Hyun pun diikutsertakan ketika terdapat kunjungan luar negri seperti kunjungan marinir korea ke TNI angkatan laut indonesia.


Guide
  •  …この記事と同じカテゴリの前後記事へのページナビ
  •  …この記事の前後に投稿された記事へのページナビ
 

~ Comment ~

  ※コメントの編集用
  シークレットコメントにする (管理者のみ表示)

~ Trackback ~

卜ラックバックURL


Use trackback on this entry.

MENU anime_down3.gif

同じカテゴリの記事が一覧表示されます
同じタグの記事が一覧表示されます
更新月別の記事が一覧表示されます
キーワードで記事を検索