Mengapa China bersikeras untuk merebut wilayah perairan Okinawa?

Mengapa China bersikeras untuk merebut wilayah perairan Okinawa?

kapal china22


Mengapa China bersikeras untuk merebut wilayah perairan Okinawa?

20 tahun terakhir ini China semakin menunjukan pesatnya perkembangan angaktan laut diiringi dengan perkembangan perekonimiannya. Sebagai mana kita ketahui mulai dari masa Dynasti Min kekuatan laut mereka bukan merupakan kekuatan yang besar dimana China lebih memanfaatkan teknologi laut mereka hanya untuk sektor perdagangan. Bagi China ancaman yang dirasa sangat nyata justru datang dari barat yaitu ancaman dari daratan. Sehingga bisa dilihat anggaran maupun perhatian yang diberikan kerajaan China saat itu tidak terlalu besar terhadap kekuatan laut. Memasuki masa pra-perang dunia pertama China mulai panik karena kekuatan laut justru menjadi salah satu kekuatan besar yang memiliki peranan besar dan mampu pula digunakan sebagai kartu dalam diplomasi. Bahkan negara Jepang yang China anggap sebagai Negara kaum barbar yang tidak beradap pun mulai mengadopsi angkatan laut. China yang selama ini selalu menolak untuk menerima ilmu pengetahuan dari barat, mulai tertinggal dari negara lainnya karena mereka menganggap budaya yang mereka miliki jauh diatas peradaban yang lainnya. Namun mengetahui bahayanya teknologi barat baru mulailah China melakukan pembelian senjata dari luar.

Berbeda dengan Negara Jepang yang miskin, China adalah Negara kaya raya yang mampu membeli kapal perang termahal milik Inggris sekalipun. Namun yang sangat disayangkan pada masa itu adalah China hanya membeli perlengkapan perang tanpa meningkatkan kualitas tentaranya (tidak ada tentara yang memiliki kedisiplinan sebagai prajurit angkatan laut selain para pemimpin kapal). Walaupun China memilki kapal perang sekalipun kemampuan mereka dalam berperang bisa dikatakan sangat rendah. Sebagai tambahan pengetahuan tentara dimata sosial China pada masa itu merupakan kumupulan dari kaum yang berpendidikan sangat rendah. Hal itu berbeda dengan Jepang yang memiliki tentara yang memiliki pendidikan tinggi. Sehingga meski Jepang adalah Negara miskin sekalipun China bukan merupakan lawan yang besar. Setelah perang dunia kedua usai China mulai melirik untuk mencari sumber energi di wilayah kelautan. China yang memiliki hubungan erat dengan pemerintahan soviet pada saat itu mulai mengadopsikan kekuatan angkatan lautnya milik negara soviet. kemudian menyusul hasil penelitian akan keberadaan sumber daya alam di laut yang sangat melimpah khususnya di laut China selatan maupun laut China timur yang dikeluarkan oleh sejumlah pakar kelautan dari PBB membuat China segera melancarkan kebijakan lautnya.
laut1.jpg
laut2.jpg

Secara geografis China memiliki hambatan yang sangat besar khususnya untuk melakukan invansi kekuatan lautnya. Hal ini dikarenakan wilayah kepulauan Jepang ternyata menutup akses China untuk keluar masuk khsusunya menuju laut pasifik. Satu-satunya jalan bagi China adalah harus melewati jalur laut di kepulauan prefektur Okinawa lebih tepatnya di daerah kepulauan sengkaku.
selam china 1


Wilayah laut Okinawa merupakan gerbang bagi China untuk dapat berkembang lebih pesat lagi. Pertanyaanya mengapa China tidak memilih jalur yang lain? Bisa dikatakan pula hal ini dikarenakan selain wilayah tersebut lautnya sangat dangkal. Seperti laut China timur sendiri memiliki kedalaman laut yang tidak terlalu dalam. Kedangkalan laut tersebut membuat kapal selam China tidak mampu bergerak secara leluasa. Menurut beberapa sumber selain jalur Okinawa, pada dasarnya jalur laut hanya memiliki kedalaman laut berkisar antara 100 meter dari titik permukaan laut. Kondisi ini membuat China berusaha untuk merebut wilayah kepulauan Senkaku yang meski sudah jelas merupakan wilayah Jepang secara resmi. Jika China mampu mengambil alih wilayah kepulauan senkaku dapat dibayangkan kapal selam bertenaga nuklir yang membawa rudal balastik mampu muncul di manapun karena telah bebas untuk keluar masuk laut pasifik. Kita sudah tidak dapat tidur pulas seperti biasanya karena China sewaktu waktu dapat muncul di perairan kita. Yang membuat scenario ini semakin memburuk adalah kepemilikan tiga buah kapal induk saat ini membuat ancaman dari China semakin besar. Maka dari itu jatuhnya kepulauan senkaku ke tangan China bukan merupakan scenario yang diharapkan Negara lain.

Guide
  •  …この記事と同じカテゴリの前後記事へのページナビ
  •  …この記事の前後に投稿された記事へのページナビ
 

~ Comment ~

  ※コメントの編集用
  シークレットコメントにする (管理者のみ表示)

~ Trackback ~

卜ラックバックURL


Use trackback on this entry.

MENU anime_down3.gif

同じカテゴリの記事が一覧表示されます
同じタグの記事が一覧表示されます
更新月別の記事が一覧表示されます
キーワードで記事を検索