ANGKATAN LAUT AMERIKA SIAP MELUNCURKAN KAPAL TEKNOLOGI STEALTH TERBARUNYA DI LAUT PASIFIK

ANGKATAN LAUT AMERIKA SIAP MELUNCURKAN KAPAL TEKNOLOGI STEALTH TERBARUNYA DI LAUT PASIFIK

ANGKATAN LAUT AMERIKA SIAP MELUNCURKAN KAPAL TEKNOLOGI STEALTH TERBARUNYA DI LAUT PASIFIK
Zumwalt1.jpg


28 oktober 2013 kapal dengan teknologi Stealth terbaru milik angkatan laut Amerika "Zumwalt" telah melakukan uji coba berlayar di negara bagian Mein timur USA. Zumwalt direncanakan akan siap dioperasikan pada tahun 2016. Saat ini pihak petinggi angkatan laut berencana menempatkan Zumwalt ini di perairan laut pasifik.
Kapal kelas berat dengan panjang 186 meter, bobot 15ribu 500 ton ini hanya memiliki 60% personel dibandingkan kapal pada umumnya. Pembuatan kapal ini memfokuskan kepada peningkatan kemampuan Stealthnya sampai dengan 50 kali lebih kuat dari teknologi yang ada. Zumwalt dilengkapi dengan 2 buah meriam dengan jarak tembak 117 kilo. Meski tidak dilengkapi dengan kemempuan pertahanan misil, Zumwalt mampu menghasilkan 28ribu kilo watt dari pembangkit tenaga nuklir dan dilengkapi dengan senjata laser “Magnetic Accelarator Gun (MAG)” yang memerlukan energi listrik dalam jumlah besar.
Hanya saja kapal yang memakan biaya 3kali lebih besar atau sekitar 350juta dollar ini membuat Kementrian pertahaan Amerika harus mengurangi jumlah yang telah direncanakan dari 32 kapal menjadi hanya 3 kapal. Nama kapal Zumwalt diambil dari nama mantan kepala staf US Navy Laksamana Elmo R. Zumwalt Jr. yang menjabat sebagai kepala staf angkatan laut US dari tahun 1970-1974.

komentar
Ancaman kekuatan bersenjata china memang dapat diperkirankan akan sangat terasa untuk 20 sampai 30 tahun mendatang. Namun dalam periode tersebut juga jepang dan amerika akan terus semakin mengembangkan alutsista laut maupun udaranya. Maka meski china dapat berkembang pesat tetap terdapat perbedaan teknologi yang sangat besar. Hal ini telah dibuktikan dengan munculnya kapal dengan teknologi terdepan ini. Yang dimaksud dengan kemampuan stealth yaitu tidak hanya susah untuk diteksi di radar melainkan kapal ini pun tidak mengeluarkan suara mesin dan panas. Hal ini yang menjadi kekhususan yang dimiliki oleh kapal zumwalth. Kapal zumwalth meski tidak memiliki kemampuan pertahanan dari misil sekalipun dengan kemampuan yang dimilikinya ini saja telh mampu untuk menghindari serangan dari misil. Maka dari rencana awal pembuatan kapal sebanyak 32 kapal yang menjadi hanya 3 kapal ini akan dijadikan sebagai kapal percobaan. Sama dengan cara pembuatan F22 dimana agara tidak ada pesawat yang mampu menandingi maka pembuatan kapal Zumwalt ini mengurangi perusahaan yang terkait seminimal mungkin.



Guide
  •  …この記事と同じカテゴリの前後記事へのページナビ
  •  …この記事の前後に投稿された記事へのページナビ
 

~ Comment ~

  ※コメントの編集用
  シークレットコメントにする (管理者のみ表示)

~ Trackback ~

卜ラックバックURL


Use trackback on this entry.

MENU anime_down3.gif

同じカテゴリの記事が一覧表示されます
同じタグの記事が一覧表示されます
更新月別の記事が一覧表示されます
キーワードで記事を検索