Ilmuan Tokyo : Sekarang Saatnya Yang Tepat untuk Alutsista Robot

Ilmuan Tokyo : Sekarang Saatnya Yang Tepat untuk Alutsista Robot

Ilmuan Tokyo : Sekarang Saatnya Yang Tepat untuk Alutsista Robot

robot.jpg


Saat ini Tokyo sedang melaksanakan pameraan industri robot dalam negri dengan sekala yang besar, dengan mendatangkan berbagai kelompok dan membuka symposium tentang alutsista robot. Yang menjadi topik terbesar dalam diskusi yang dilakukan para ilmuan jepang adalah tentang pengembangan robot yang dapat lepas dari kendali manusia namun mampu bengambil tindakan secara mandiri di medan perang.
para peneliti jepang menyatakan pengembangan ini harus mulai dilakukan dari sekarang dimana masih belum terdapat negara yang melakukan pengembangan di bidan yan sama ini.
Namun Profesor Peter dari Universitas New School Amerika mengkritik “Bagaimana cara membedakan masyarakat dengan prajurit? Sudah pasti yang menjadi korban adalah masyarakat!”pada tanggal 8 di pertemuan NPO. Selain itu berbagai kelompok kemanusiaan pun meragukan teknologi robot tersebut. Menurut Peter teknologi robot yang mampu bergerak secara mandiri masih belum terlaksanakan, dan saat ini hanya terdapat kendaraan maupun pesawat tanpa awak yang keputusannya masih di ambil oleh manusia. Namun apabila seperti kendaraan tanpa awak yang mampu berjalan dengan hanya menentukan rute seperti yang dimiliki Israel dan dengan robot patroli yang dilengkapi dengan senjata mesin masih dikatakan mungkin.

Penggunaan robot akan mengurangi resiko matinya prajurit dan bahkan secara ekonomi pun dapat menekan harga. Namun justru dengan demikian akan memudahkan terjadinya perang apabila pemimpin berfikir untuk mencari solusi dengan cara militer. Maka dari itu yang diinginkan Peter adalah pelarangan penggunaan robot secara penuh sebelum terlanjur.

Komentar
Dalam angket yang dilakukan di Amerika tentang penggunaan robot yang mampu bergerak secara mandiri mendapat penolakan dari sebagian besar masyarakat dan bahkan 75 persen dari tentara amerika tidak setuju. Hal ini bukan mengatakan mereka takut posisinya digantikan dengan robot namun justru mereka merasa akan lebih takut apabila dibunuh oleh robot. Hal ini sama dengan penggunaan ranjau terhadap manusia dan bom kluster. kondisi perang yang mengabaikan sisi kemanusiaan secara utuh ini tidak dapat dibiarkan terjadi. Apakah mau kita membiarkan pemuda bangsa kita mempertaruhkan nyawa dengan melawan benda mati yang tidak memiliki perasaan sedangkan mereka sendiri tidak menumpahkan darah sama sekali.






Guide
  •  …この記事と同じカテゴリの前後記事へのページナビ
  •  …この記事の前後に投稿された記事へのページナビ
 

~ Comment ~

  ※コメントの編集用
  シークレットコメントにする (管理者のみ表示)

~ Trackback ~

卜ラックバックURL


Use trackback on this entry.

MENU anime_down3.gif

同じカテゴリの記事が一覧表示されます
同じタグの記事が一覧表示されます
更新月別の記事が一覧表示されます
キーワードで記事を検索