KEMANAKAH ARAH GERMAN SETELAH MEMBUANG KEBIJAKAN POLITIK PERTAHANAN NON AGRESIFNYA?

KEMANAKAH ARAH GERMAN SETELAH MEMBUANG KEBIJAKAN POLITIK PERTAHANAN NON AGRESIFNYA?


KEMANAKAH ARAH GERMAN SETELAH MEMBUANG KEBIJAKAN POLITIK PERTAHANAN NON AGRESIFNYA?
germany-military.jpg

Tanggal 14 november 2013

Saat ini Jerman telah menghentikan sistem wajib militer dan mengedepankan reformasi perlengkapan perangnya sesuai dengan perkembangan zaman. Namun banyak suara yang mengatakan keraguan akan munculnya Jerman seperti masa pemerintahan nazi.

Jerman dengan kebijakan pertahanan non-agresif
Jerman adalah Negara maju yang memiliki sejarah panjang di dunia kemiliteran. Perang dunia kedua membuat Jerman harus menekan kekuatan militer dan menjadikan Jerman menjadi negara yang hanya menggerakkan kekuatan militernya sesuai dengan perintah dari negara lain. Hal ini membuat Jerman menjadi Negara memiliki kebijakan pertahanan non-agresif yang sangat kuat. Menanggapi pengiriman tentara Jerman untuk membantu kamboja pada tahun 90an, Somalia dan Yugoslavia pun merupakan keputusan yang sah dari mahkamah tertinggi sehingga tidak menyalahkan undang-undang. Bahkan setelah pasukan Jerman mengundurkan diri dari afganistan bulan lalu, muncul suara yang menyerukan protes atas kebijakan militer luar negri ini. Jerman yang semula mengirim pasukan sebagai penjaga kedamaian di afganistan mengeluarkan korban jiwa dari personel militernya dan hal ini dianggap tidak lagi sesuai dengan definisi politik militer luar negri yang anut.

Tidak hanya itu menurut Jerman penggunaan pesawat tanpa awak untuk pengumpulan informasi seperti yang dilakukan oleh tentara amerika dianggap merupakan pelanggaran terhadap undang-undangnya. Bahkan meski informasi Jerman yang diberikan kepada pihak luar jika digunakan sebagai bahan untuk pembunuhan pun merupakan pelanggaran hukum non-agresif. Tindakan-tindakan seperti diatas tersebut merupakan berbagai macam usaha yang dilakukan Jerman agar tidak kembali menjadi seperti masa nazi.

Kemiliteran Jerman mulai berani bergerak sendiri?
Pada tahun 2007 ketika Letnan kolonel angakatan udara Jerman Jurgen Rose mendapatkan kewenangan secara penuh terhadap pembentukan operasi militer di afganistan, Jurgen menolak secara tegas rencana tersebut. Hal itu dikarenakan mengutus 6 pesawat pengintai untuk membantu amerika dalam rencana membombardir Taliban merupakan suatu tindakan yang melanggar hukum internasional. Hal ini mengagetkan banyak pihak karena Jerman yang terkenal selalu patuh terhadap perintah Negara lain berani melontarkan pendapatnya secara tegas. Meski setelah itu Jerman kembali patuh terhadap perintah Negara lain, kini Jerman kembali melihatkan tanda-tanda perubahannya. mulai 2 tahun lalu militer Jerman semakin memperlihatkan pergerakan yang sangat aktif. Mulai menghilangkan wajib militer dan fokus terhadap pembentukan kelompok tentara yang professional merupakan salah satu langkahnya. kenyataannya tanpa disadari peranan tentara Jerman semakin membesar.


Bagaimanakah Jerman kedepan?

Dari dua fakta diatas terlihat dua sisi yang berbeda dimana ada sisi Jerman yang tetap ingin mempertahankan kebijakan pertahanan non agresifnya namun dilain pihak pula terdapat sisi perubahan Jerman yang memperihatkan ciri-ciri kearah agresif. Namun fenomena ini merupakan suatu cerminan kuatnya konsistensi yang diiringi keprofesioanalan yang dimiliki para perwira jerman. Ketundukan jerman terhadap Negara lain tidak membuat jerman hanya menjadi poin catur yang selalu patuh, melainkan tetap memegang teguh terhadap undang-undang meraka. Hal ini sekali lagi saya katakan karena masyarakat jerman sangat tidak ingin membawa jerman kembali kemasa kelam seperti pada masa pemerintahan Nazi meski mereka masih memiliki kekuatan dan bahkan tentara masih memiliki status yang cukup dihargai di mata masyarakanya. Dengan demikian untuk sementara ini saya kira jerman akan tetap mempertahankan kebijakan pertahanan non-agersifnya. Kemungkinan terbesar yang dapat kita bayangkan adalah jerman akan semakin memajukan tekhnologi kemiliteranya. Hal ini dapat kita lihat dengan sistem sekolah kemiliteran jerman yang lebih mengedepankan pendidikan akademis bagi calon perwiranya.*

*akan saya coba membahas setelah ada data yang lebih lengkap


Guide
  •  …この記事と同じカテゴリの前後記事へのページナビ
  •  …この記事の前後に投稿された記事へのページナビ
 

~ Comment ~

  ※コメントの編集用
  シークレットコメントにする (管理者のみ表示)

~ Trackback ~

卜ラックバックURL


Use trackback on this entry.

MENU anime_down3.gif

同じカテゴリの記事が一覧表示されます
同じタグの記事が一覧表示されます
更新月別の記事が一覧表示されます
キーワードで記事を検索