PRESIDEN KOREA SELATAN MENGGAGASKAN BUKU SEJARAH ASIA TIMUR BERSAMA CHINA DAN JEPANG 

PRESIDEN KOREA SELATAN MENGGAGASKAN BUKU SEJARAH ASIA TIMUR BERSAMA CHINA DAN JEPANG 


PRESIDEN KOREA SELATAN MENGGAGASKAN BUKU SEJARAH ASIA TIMUR BERSAMA CHINA DAN JEPANG 
park hye

Sumber : kyoudou
Tanggal : 14 november 2013

Presiden Park Guen-Hye pada tanggal 14 november mengajukan tawaran bersama jepang dan china untuk penyusunan sejarah asia timur laut bersama, yang dalam hal ini ditujukan sebagai cara untuk menyelesaikan permasalahan sejarah yang terjadi diantara tiga Negara ini.
Park mengambil contoh Jerman dan Prancis yang telah sukses memperbaiki hubungannya dengan ide yang sama. Dengan pembuatan buku sejarah bersama ini park ingin membuat kerjasama dan suasana komunikasi antar Negara yang lebih kuat.
park juga mengatakan saat ini dikarenakan terdapat sudut pandang akan sejarah yang berbeda mengakibatkan ketidak percayaan yang sangat tinggi yang dapat memicu kemungkinan terjadinya konflik yang lebih serius.

Komentar
Ide presiden park memang bagus namun ada banyak permasalah yang akan menjadi tembok seperti bagaimana membuktikannya agar mampu membuat sebagian besar pihak dapat setuju. Dan ini tidak akan hanya menjadi masalah seperti persoalan “Juguniangfu” saja. Sebagai contoh china mengklaim korea sebagai salah satu suku minoritas semenjak dinasti lamanya (apakah korea mau menerimanya? Bahkan jika telah disetujui maka china justru akan mengkalim wilayah korea). Selain itu ada beberapa permasalahan antara jepang dan korea selatan mengenai territorial seperti dokdou atau takeshima (bhs jepang) yang sebenarnya secara hukum milik Negara jepang (secara kendali sekarang dibawah korea). Dan beberapa masalah hukum lainnya yang secara sah jepang tidak bersalah namun korea selatan masih menuntut hal tersebut.
Seperti masalah Jugunianfu pun kemungkinan besar korea akan mengeluarkan dokumennya yang membahas secara ekstrim pemerkosaan yang dilakukan tentara jepang pada waktu itu (apakah jepang mau mengajarkan aibnya kepada bangsanya?)

Permasalahan yang melatarbelakangi perbedaan setiap buku sejarah ketiga Negara ini memang sangat susah apabila dijadikan satu. Dan melihat keadaan politik yang semakin memanas kali ini sepertinya tidak dapat di harapkan perkembangan yang nyatanya.
hal ini sangat berbeda dengan kondisi yang dimiliki oleh prancis dan jerman yang telah menjadi aliansi dalam dunia politik.
Justru kemungkinan terburuk adalah dalam perdebatan pembuatan buku ini akan membuat perang yang baru antara ketiga Negara asia timur ini.


Guide
  •  …この記事と同じカテゴリの前後記事へのページナビ
  •  …この記事の前後に投稿された記事へのページナビ
 

~ Comment ~

  ※コメントの編集用
  シークレットコメントにする (管理者のみ表示)

~ Trackback ~

卜ラックバックURL


Use trackback on this entry.

MENU anime_down3.gif

同じカテゴリの記事が一覧表示されます
同じタグの記事が一覧表示されます
更新月別の記事が一覧表示されます
キーワードで記事を検索