DARI PASUKAN BELA DIRI MENJADI TENTARA NASIONAL JEPANG

DARI PASUKAN BELA DIRI MENJADI TENTARA NASIONAL JEPANG


Perbedaan self defense force dengan national defense force
PN2007033101000304.jpg

G Cadhu Wibawa
15 November2013


Setelah mengalami kekalahan pada perang dunia kedua Jepang mau tidak mau harus membubarkan Angkatan bersenjatanya. Namun keadaan tidak berlangsung lama setelah Jepang terlahir kembali menjadi negara ekonomi terbesar didunia dan juga gejolak politik yang terjadi dikawasan Asia Timur, maka terbentuk Pasukan bela diri yang dikenal dengan nama Japan Self Defense Force (JSDF). Pasca perang dunia kedua sebagai negara cinta damai yang memiliki pasal 9 yang didalam pasal tersebut melarang Jepang memiliki kekuatan perang, dan juga melakukan kegiatan perang, ternyata menimbulkan berbagai permasalahan pada kinerja JSDF.

Pada Tanggal 27 April 2012 , LDP Jepang memaparkan rencana pembaharuan undang-undang kenegaraan, yang didalamnya menyatakan pengusulan tentang kepemilikan National Defense Force di negara Jepang (Pasal 9 bagian 2 butir 1 “Demi mempertahankan kedamaian dan kemerdekaan negara dan keamanan rakyat maka Negara perlu memiliki National Defense force(NDF) dengan Perdana mentri sebagai pimpinan tertingginya”). Berhubungan dengan hal itu Perdana mentri Abe menyampaikan bahwa JSDF didalam negri tidak dianggap sebagai suatu organisasi tentara, sedangkan di mata hukum internasional dengan jelas JSDF dipandang sama dengan organisasi militer lainnya. Perdana mentri Abe juga menegaskan keadaan yang ambigu tersebut semestinya diselesaikan, keinginan itu dapat terlihat dari penggantian nama “JSDF” menjadi “NDF”dalam rencana pembaharuan undang-undang yang diajukan. Dari pernyataan tersebut mungkin terdengar Perdana mentri Abe hanya ingin menganti nama saja, namun penggantian nama ini tentu saja memiliki arti yang sangat berbeda. Yang menjadi banyak pertanyaan adalah apakah yang berbeda dengan “JSDF” dengan “NDF”? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dapat dikatakan perbedaan dari keduanya adalah pada nama JSDF terdapat suatu “Pembatas” dimana ketika beralih nama menjadi NDF “Pembatas” tersebut dapat berlaku. Jadi apakah yang menjadi “Pembatas” pada JSDF?
02b.jpg

Pertama, sesuai dengan ketentuan yang telah di sahkan oleh pemerintahan terdahulu dan menjadi akar dari “pembatas” yang diperdebatkan adalah “Untuk mempertahankan diri (self defense) diperbolehkan untuk memiliki kekuatan bersenjata seperlunya dan sekecil-kecilnya” (tertulis pada pasal 9 butir ke 2 lama). Dalam hai ini Pemerintah sendiri tidak pernah menyatakan bahwa pasal 9 butir ke 2 ini mengartikan bahwa Jepang tidak boleh sama sekali memiliki kekuatan bersenjata. Namun tidak pula mengartikan bahwa self defense diperbolehkan untuk memiliki kekuatan bersenjata. Jadi mengapa JSDF dianggap sah sesuai hukum? Hal ini dapat dijelaskan dari salah satu isi pasal 9. Jepang menegaskan bahwa Jepang tidak akan menggunakan Hak Untuk Mempertahankan Diri Bersama(Right of Collective self defense) dan juga tidak membuang Hak Untuk Mempertahankan Diri (Right of Self defense) mereka. Bagi pemerintah Jepang terdahulu untuk membuat alasan menjadi kuat perlu dicari jawaban yang bisa menjadi dasar yang kuat, jika sesuatu saat diserang dari berbagai argumen mampu untuk dipertahankan. Oleh karena itu agar Hak Untuk Mempertahankan Diri dapat diterima sesuai hukum, maka pemerintah perlu menghubungkan Hak Untuk Mempertahankan Diri dengan penyataan “Untuk mepertahankan diri diperbolehkan untuk memiliki kekuatan bersenjata seperlunya dan sekecil-kecilnya”. Maka dari itu pemerintah memutuskan bahwa yang diartikan dilarang untuk memiliki kekuatan bersenjata pada undang –undang adalah apabila penggunaan hak untuk membela diri melebihi batas dari “memiliki kekuatan bersenjata seperlunya dan sekecil-kecilnya”, sehingga selama dalam koridor tersebut maka kepemilikan kekuatan bersenjata Jepang tidak dianggap melanggar hukum. Sebagai konsikuensinya Jepang harus menjaga keadaan tersebut secara konsisten. Keadaan itulah yang menjadi “pembatas” pada JSDF.

Apabila di cermati kembali akan menimbulkan sebuah penyataan apakah benar dalam kenyataannya hal itu menjadi “Pembatas”? Sebenarnya apa yang menjadi patokan bahwa hal tersebut telah melampaui batas dari koridor “seperlunya dan sekecil-kecilnya”? Dan yang menjadi patokan tersebut tidak terdapat dimana pun. Kesahan JSDF dengan dasar “seperlunya dan sekecil-kecilnya” ini akan kuat hanya dimeja diskusi. Karena dalam kenyataannya memperkuat kekuatan bersenjata tidak diperbolehkan maka selama dalam bentuk JSDF untuk segala macam pengembangan nya harus berdasarkan dengan ketentuan “seperlunya dan sekecil-kecilnya”. Hal ini akan sangat berbeda apabila bernama NDF. Dengan bernamakan NDF yang tidak terikat dengan ketentuan “seperlunya dan sekecil-kecilnya” maka dengan alasan demi kepentingan pertahanan saja alasan tersebut dapat disahkan. Saat ini sebagai contoh demi mengantisipasi keamanan dari Korut maupun China maka tanpa ada batasan Jepang mampu melakukan pengembangan militernya.
201011_13ryodan_11shunen01-8.jpg

Alasan kedua, selama bernamakan JSDF maka tentu saja ruang gerak yang didapat adalah hanya terbatas untuk mempertahankan diri (self defense). Jadi yang menjadi kewenangan dari JSDF adalah ketika Jepang menghadapi serangan dari luar JSDF diperbolehkan untuk menghentikannya dengan pengguaan kekuatan bersenjata seperlunya dan sekecil-kecilnya. Bisa dikatakan pula Jepang hanya mampu memiliki kekuatan untuk menahan serangan dari luar saja. Maka dari itu apabila JSDF sampai keluar dari Jepang menjadi suatu bentuk pelanggaran dari ketentuan undang-undang. Begitu pula apabila Jepang melakukan pertahan diri sebelum mendapat penyerangan dari luar maka masuk dalam katagori melanggar undang-undang. Walau Amerika terlibat perang, Jepang sebagai Aliansi Amerika tidak boleh terlibat dalam perang yang terjadi dengan amerika. Karena hal itu di luar konteks pertahanan diri.

Namun dari “pembatas” yang disebut pada alasan kedua ini, bisa dikatakan pula sudah tinggal kulitnya saja. Sekarang kontribusi terhadap dunia internasional menjadi suatu tuntutan yang mesti Jepang lakukan sebagai salah satu negara besar di dunia. Kontribusi internasional seperti PKO dan perang terhadap terorisme akhirnya membuat suatu alasan pengecualian terhadap “Pembatas” yang dimiliki JSDF untuk mengirim pasukannya ke luar negri. Meski saat ini telah terdapat pengecualian untuk dapat melakukan kegiatan keluar negri, JSDF masih terdapat “Pembatas” yang membuat pasukannya memiliki batasan dalam penggunaan senjatanya. Sebagai contoh di lapangan ketika Jepang dengan negara lain melakukan suatu operasi militer, dan dalam keadaan yang sama Negara lain tersebut mengalami serangan dari teroris maka pasukan JSDF tidak bisa membantu mereka membalas serangan terorsis tersebut. Jepang boleh menyerang teroris tersebut apabila Jepang diserang atau mendapat perintah langsung Perdana mentri. Dengan kejadian tersebut Jepang mendapat kritikan yang sangat keras dari komunitas internasional dan menjadi suatu momok kedua yang didapat setelah kritikan yang didapat Jepang pasca perang teluk. Namun apabila Jepang mengubah nama JSDF menjadi NDF maka hal tersebut tidak menjadi suatu permasalahan yang perlu diemban.

Maka dari itu negara Jepang yang setelah perang dunia kedua selalu mengumandangkan Negara cinta damai sesuai dengan undang-undangnya memiliki kemungkinan besar untuk berubah apabila JSDF berubah menjadi NDF. Hal ini menjadi sebuah perdebatan antara orang Jepang yang berfikir perubahan tersebut tidak sesuai dengan pesan kemerdekaan Jepang setelah kekalahan pada PD II yang tidak ingin mengulang kesalahan terebut (kaum Idelisme). Namun tentu bagi para realisme undang-undang yang sudah tidak relevan tersebut justru akan membahayakan kedaulatan negara mereka. Namun kenyataan yang bisa dilihat adalah apabila perubahan tersebut benar terlaksana maka Jepang tidak hanya menjadi negara yang bisa menggunakan kekuatan untuk membela diri namun juga menjadi negara yang bisa berperang.


Guide
  •  …この記事と同じカテゴリの前後記事へのページナビ
  •  …この記事の前後に投稿された記事へのページナビ
 

~ Comment ~

  ※コメントの編集用
  シークレットコメントにする (管理者のみ表示)

~ Trackback ~

卜ラックバックURL


Use trackback on this entry.

MENU anime_down3.gif

同じカテゴリの記事が一覧表示されます
同じタグの記事が一覧表示されます
更新月別の記事が一覧表示されます
キーワードで記事を検索