MBT Type 10 JAPAN

MBT Type 10 JAPAN

l
MBT Type 10
10TK_17.jpg
spesifikasi
berat 44 ton (standard) 48 ton (combat)
panjang 9.485m
lebar 3.24m
tinggi 2.30m
Crew 3 orang (komandan, pengemudi dan penembak)
armor Modular ceramic armour.
senjata 120mm L44 smoothbore dan M2HB 12.7 mm machine gun & Type 74 7.62 mm machine gun
mesin 1200hp 8-cylinder Diesel dan Suspensinya Hydropneumatic Active suspension
jarak tempuh 440km

前段8・戦車火力8-9_10式戦車・班集中射撃_富士総合火力演習・そうかえん_15

Jepang memiliki MBT yang terkenal dengan type 74 dan type 90nya, dimana type 90 telah dinilai sebagai salah satu MBT yang tangguh dalam MBT generasi ke 3. Type 90 di buat untuk mengatasi ancaman dari sebuan invansi rusia yang diperkirakan akan mendatangkan pasukan tanknya dalam jumlah yang besar, maka type 90 pun di produksi secara masal sebagai tank untuk melawan tank. Setelah jepang merasa ancaman rusia semakin menurun maka tank pun direncanakan untuk dapat dialihkan kepada operasi militer maupun operasi selain militer lainnya. Namun disinilah kendala yang dirasakan dimana type 90 ini memiliki bobot yang sangat besar mencapai lebih dari 50 ton, sehingga sebagai unit gerak cepat jepang untuk memindahkan tank type 90 harus dibongkar untuk dapat dinaikkan keatas kereta. Selain itu untuk operasi lawan gerilya pun type 90 dirasa kurang efektif. Maka dengan dasar tersebut MOD jepang membuat MBT generasi kelima yang dikhususkan agar dapat terjun dalam operasi lawan gerilya.

armour.jpg


Keberadaan dan status type 10 yang baru ini masih menyimpan banyak rahasia. Type 10 ini menurut beberapa sumber mengambil beberapa bagian teknologi yang dimiliki MBT jerman Leopard untuk meriam laras 120mm. Namun selebihnya adalah pengembangan murni dari pihak jepang. Kelebihan yang dimiliki pertama adalah berat MBT ini lebih ringan hampir 10 ton dari versi pendahulunya yakni type 90. Sehingga mudah dalam mobilitas masal untuk ditempatkan diseluruh wilayah jepang. Kedua armor atau lapisan baja MBT ini bisa dikatakan unik karena menggunakan armor modular. Armor modular adalah box/kotak kotak yang menempel di seluruh bagian MBT type 10 sebagai kulit. Dimana armor modular dapat dibongkar pasang sehingga bentuk lapisan luar MBT ini dapat berubah ubah sesuai dengan kebutuhan. Selain itu mudular ini dapat mengurangi efektifitas serangan anti tank dengan memodifikasi jenis keramik yang menjadi lapisan pertahanan kendaraan tempur baja ini. MBT ini menggunakan mesin disel dengan tenaga 1200hp dan transmisi otomatis. Diketahui juga type 90 menggunakan hydrogas suspensi yang mampu meluncur sampai 70km/h. Jepang juga telah menggunakan teknologi BMS/ battlefield management system sebagai penunjang komunikasi antar MBT maupun satuan atas dan secara otomatis mampu mengolah data-data lapangan menjadi bahan itelijen dalam pertempuran secara digital, yang di jepang disebut sebagai intelligence C4I system. Jepang berencana untuk memproduksi type 10 ini mencapai 250 sampai 300 unit dan satu unitnya mencapai 700 juta yen.

firepower (1)

Meski telah ditempatkan dibeberapa batalion tank, type 10 ini masih dalam masa pengembangan lebih lanjut yang terus dilakukan di Fuji military research. Pihak jepang mensimulasikan MBT ini akan mempertahankan jepang dari serangan gerilya pasukan korea utara, dan tidak menutup kemungkinan juga MBT ini dapat dikirim sebagai bagian dari pasukan PKO tentara jepang.

img_0.jpg


Guide
  •  …この記事と同じカテゴリの前後記事へのページナビ
  •  …この記事の前後に投稿された記事へのページナビ
 

~ Comment ~

  ※コメントの編集用
  シークレットコメントにする (管理者のみ表示)

~ Trackback ~

卜ラックバックURL


Use trackback on this entry.

MENU anime_down3.gif

同じカテゴリの記事が一覧表示されます
同じタグの記事が一覧表示されます
更新月別の記事が一覧表示されます
キーワードで記事を検索